Senin, 26 Oktober 2015

TIPS Menjadi Pribadi yang Berfungsi Utuh Menurut Teori Rogers

Hidup itu pilihan. Menjadi bahagia atau tidak? Kita yang memilih. Kebahagiaan berhubungan erat dengan cara seseorang memaknainya, dan apakah ia dapat menjadi pribadi yang berfungsi seutuhnya? 


Manusia mempunyai kemampuan untuk menentukan nasibnya sendiri, bahwa hal terpenting dari manusia adalah sifatnya yang bertujuan, dapat dipercaya dan mengjar kesempurnaan diri. Rogers sangat kuat memegang asumsinya, bahwa manusia itu bebas, rasional, utuh, mudah berubah, subyektif, proaktif, heterostatis, dan sukar untuk dimengerti.
Menurut Rogers tujuan hidup adalah mencapai aktualisasi diri, atau memiliki ciri-ciri kepribadian yang membuat kehidupan menjadi sebaik-baiknya (good life). Berfungsi utuh? Apa maksutnya? Berfungsi utuh adalah istilah yang dipakai Rogers untuk menggambarkan individu yang memakai kapasitas dan bakatnya, merealisasikan potensinya.
Tips menjadi pribadi yang berfungsi utuh sesuai dengan 5 ciri kepribadian Rogers :
Ø Bersifatlah Terbuka untuk mengalami (Openess to experience)
Orang yang terbuka untuk mengalami mampu mendengar dirinya sendiri, merasakan secara mendalam pengalaman emosional, kognitif dalam dirinya tanpa merasa terancam. Kita akan sadar dengan pikiran dan perasaan kita. Misalnya : mendengar orang membual dapat menimbulkan rasa muak, dan seseorang yang berfungsi utuh akan terbuka untuk memiliki perasaan muak tanpa harus diikuti dengan perbuatan yang melampiaskan perasaan muak itu. Rasa muak itu tidak mengancam dirinya,dan dia dapat mengalihkan perhatianya kepada hal lain tanpa merusak hubungan interpersonal.

Ø Hiduplah dengan Sepenuhnya (Existential Living)
Orang yang hidup dengan sepenuhnya memiliki  pandangan bahwa setiap pengalaman yang baru dan unik berbeda dengan yang pernah terjadi, berkembang tanpa diawali prasangka dari harapan sebelumnya. Mereka akan lebih memaknai setiap pengalaman, dan menjadi seseorang yang fleksibel, adaptable, toleran dan spontan.

Ø Ambilah keputusan berdasarkan keyakinanmu! (Organismic Trusting)
Orang yang mengambil keputusan berdasarkan keyakinannya terhadap pengalaman sebelumnya, maka ia akan mengerjakan apa yang “dirasanya benar” sebagai bukti keyakinannya untuk mengarahkan tingkah laku yang memuaskan.

Ø Be Free! (Experiental Freedom)
Hidup lah dengan bebas dengan cara yang anda inginkan tanpa perasaan tertekan atau terhambat. Apa yang terjadi pada anda tergantung kepada diri anda sendiri. Namun kebebasan tidak ada yang absolut, perhatikan pula beberapa faktor yang membatasi kebebasan tersebut.

Ø Be Creative (Creativity)
Orang yang kreatif cenderung hidup membangun dan adaptif dalam lingkunganya sehingga dapat memberi manfaat untuk orang lain dan lingkungan sekitarnya sekaligus memuaskan kebutuhanya yang terdalam.


Menjadi seseorang yang berfungsi utuh dengan selalu memaknai kehidupan tidak hanya bermanfaat untuk diri kita sendiri, namun tentunya orang lain. Apabila orang lain bahagia karena kita, nukankah itu hal yang memberikan kepuasan sendiri untuk kita? So? Masih ragukah anda untuk menjadi pribadi yang berfungsi secara utuh? Tradaaaaa jawabanya adalah pada pilihan anda sendiri.


Sumber :

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar