Kamis, 22 Oktober 2015

Introvert? Ada banyak Kelebihan yang Tersembunyi dari Dirinya

Introvert? Apa sih itu? Kenapa musti bangga? Apa kelebihanya?

Mari kita merujuk kepada Teori Carl Gustav Jung, ia membagi sikap menjadi 2 yaitu Intraversi dan Ektraversi. Jung mengatakan bahwa ekstravert dapat bekerja dengan nyaman dan sukses jika berinteraksi dengan hal-hal di luar diri mereka, seperti orang lain, pengalaman, dan situasi. Ekstravert sering mengklarifikasi pikiran dan idenya dengan cara ekstravert akan berpikir dengan keras. Mereka ingin menjadi bagian dari kelompok, masyarakat dan kemungkinan tempat diaman mereka mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi. Ide sendirian menakutkan mereka, meninggalkan mereka terasing dari diri batin mereka.  
Introvert, sebaliknya lebih tertarik dengan dunia di dalam pikiran, hati dan jiwa mereka. Introvert lebih nyaman hidup sendiri dan menjadi sendiri. Introvert suka merumuskan ide dan tindakan,memikirkannya sampai hal itu menjadi lebih bermakna secara pribadi. Introvert  seringkali lebih bijaksana, suka berpikir, dan lambat dalam bertindak karena mereka memerlukan waktu untuk menafsirkan pikiran internal ke dunia eksternal. Introvert merumuskan pikiran mereka dengan baik sebelum bersedia membaginya dengan orang lain.
Dari penjelasan teori diatas, sekarang sudah tau kah anda termasuk jenis kepribadian yang mana? Apakah ekstrovert? Atau introvert? Jika anda introvert, maka anda tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa kelebihan introvert  :
1.       Dapat menjadi teman yang sangat baik
2.       Bisa menghabiskan waktunya sendiri dengan sebijaksana mungkin
3.       Tipe pekerja
4.       Memiliki pikiran, imajinasi dan pikiran yang luas
5.       Memiliki sifat tekun dan bertanggungjawab
6.       Lebih bijaksana
7.       Mempertimbangkan segala perbuatan dengan pikiran yang sudah matang


https://www.youtube.com/watch?v=oFhmyPENaCk
Video Introvert atau Ekstrovert kah anda?

Bagaimana menurut anda? Setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Anda introvert? Tak perlu khawatir karena anda memiliki kelebihan yang sangat keren. Jika anda adalah orang tua yang memiliki anak dengan pribadi yang introvert, maka sebaiknya anda menyadari dan melihat kelebihan si anak. Terkadang ada hal yang tak bisa dipaksakan dan dirubah. Sekian semoga info ini bisa bermanfaat. Salam sehat jiwa!:))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar