Kamis, 22 Oktober 2015

Ini dia kenapa Katarsis itu perlu!

Katarsis? Apasih katarsis itu? Terus kenapa perlu banget?
Katarsis merupakan sebuah metode yang ditemukan oleh Joseph Breuer, seorang Dokter dan Fisiolog Austria yang bekerjasama dengan Freud. Katarsis adalah suatu metode atau teknik untuk menyalurkan emosi yang terpendam, atau dengan kata lain pelepasan kecemasan dan ketegangan yang ada di dalam diri seseorang. Emosi apa yang dimaksut? ketika seseorang mengalami stres, orang tersebut didominasi oleh emosi negatif, entah kemarahan, Kekecewaan,rasa takut, kesedihan, kecemasan dan yang lainya. Dominasi dari segala bentuk emosi negatif akan membuat seseorang mengalami ketegangan yang secara alami mebutuhkan penyaluran emosi untuk meredakan dan membuat tubuh menjadi seimbang lagi antara fisik dan mental seseorang.Katarsis dapat dilakukan apabila katarsis dilakukan dengan norma yang ada dan dapat diterima oleh masyarakat. Naaah da 3 bentuk katarsis nih :
1. Katarsis Emosi
Dalam bentuk ini, seseorang dapat mengetahui penyebab timbulnya situasi stres yang ada dalam diri seseorang, kemuadian menganalisa penyebab,melakukan uji dengan realitas,  sehingga dapat mencari cara yang tepat untuk menyalurkan ketegangan yang ada dalam dirinya. 
2. Katarsis Fisik
Berbeda dengan katarsis emosi, dalam katarsis fisik, seseorang menyalurkan keteganganya dengan melakukan berbagai aktivitas fisik. Contoh katarsis fisik yang biasa dilakukan oleh seseorang adalah mengangis, tertawa, menyibukkan diri, bisa dengan melakukan hobinya seperti berenang, berlari, menyanyi dan sebagainya. 
3. Katarsis Mental 
Katarsis ini mendorong seseorang untuk mengubah pandangan mereka terhadap penyebab emosi yang mucul. Maksutnya? Mereka harus mengembangkan toleransi yang lebih dalam terhadap penyebab kekecewaan, kemarahan, ketakutan atau emosi lainnya yang menjadikan mereka merasa tertekan. 
Nah, dari uraian di atas maka katarsis itu perlu dilakukan jika seseorang merasa tertekan atas segala emosi negatif yang menumpuk di dalam dirinya. Sadar atau tidak sadar, sebenarnya kita sering melakukan katarsis bukan? Itu dia mengapa katarsis itu perlu, agar emosi yang terpendam bisa tersalurkan pada waktu dan cara yang benar, dan tidak meledak seperti bom yang dapat membunuh orang lain. Sekian, salam sehat jiwa!:))

Sumber ;
Ibung, Dian. 2008. Stres Pada Anak. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Semiun, Yustinus. 2006. Teori Kepribadian dan Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta : Kanisius.

3 komentar: